ULAMA BESAR MADZHAB SYAFI'I DARI ABAD KE ABAD * (Bag. 7)

Bookmark and Share
88. Hahsyim Asy'ari (wafat 1367 H).

Nama lengkap beliau Muhammad Hasyim bin Asy'ari.

Murid-murid beliau memberi gelar julukan ''Hadharatus Syeikh Kiyahi Hasyim Asy'ari''.

Beliau dilahirkan di desa Pondok Ngedang tanggal 24 Dzulqaedah 1287 H. bertepatan dengan 14 pebruari 1871 M.

Pada waktu muda beliau sangat rajin mempelajari ilmu agama,khusus dalam fiqih Syafi'yah dengan guru-guru,para Kiyahi yang masyhur-masyhur di Jawa Timur ketika itu.

Beliau belajar di pondok-pondok pesantren Wonokoyo,Probolinggo,Pelangitan,Trenggalis,Madura dan akhirnya ke pondok Kiyahi Yakup Siwalan Banji di Sidoarjo,kesumuanya di Jawa Timur(Indonesia)
Beliau sudah dua kali ke Mekkah,pertama pada tahun 1892 dan kedua pada tahun 1893. Melihat kepada tanggal ini,mungkin belajar fiqih Syafi'i di Mekkah pada Sayid Ahmad Zaini Dahlan,Mufti Syafi'i dan Sayid Abi Bakar Syatha,yaitu dua orang Ulama Syafi'i yang sangat masyhur di Mekkah pada tahun-tahun itu.

Pada tanggal 26 Rabi'ul Awal 1317 H.bertepatan dengan 1899 M.beliau mendirikan Pondok Pesantren di Tebu Ireng Jombang Jawa Timur. Banyak sekali murid-murid beliau yang pada waktu sekarang(1968 M) menjadi pemimpin-pemimpin dan menjadi Ulama-ulama Besar.

Pada akhir usia beliau,Pondok Pesantren Tebu Ireng dibagi dua yaitu satu merupakan Madrasah,pakai bangku dan papan tulis dengan memakai kelas bagi murid-murid dan satu lagi merupakan halaqah,mengaji duduk bersila mengelilingi guru Besar Syeikh Hasyim Asy'ari.

Pada bagian Madrasah,Syeikh Hasyim Asy'ari memerintahkan supaya murid-murid dari tingkatan rendah mempelajari dan menghafal fiqih Syafi'i dari kitab yang bernama Matan Zubad,karangan Imam Ibnu Ruslan yang terkenal.
Dalam halaqah besar beliau mengajarkan kitab fiqih,Fiqih Syafi'i yang bernama Fathul Wahab karangan Imam Zakariya al Anshari.(wafat 926 H).

Dari seorang murid beliau yang sangat dekat kepadanya,pengarang buku ini mendapat khabar bahwa Hadharatus Syeikh Kiyahi Hasyim Asy'ari adalah seorang Ulama Besar yang menganut Madzhab Syafi'i dengan gigihnya,walaupun beliau membolehkan menganut Madzhab yang lain asal dalam salah satu Madzhab yang 4.

Dan sebuah fatwa beliau yang dibacakan dalam Kongres Nahdathul 'Ulama ke XI di Banjarmasin (8-33 Juni 1936),antara lain sbb..............Padahal agama kita hanya satu belaka,Islam! Madzhab kita hanya satu belaka,Syafi'i! Daerah kita satu belaka,Indonesia. Dan kita semuanya adalah Ahlussunnah wal Jama'ah''(Lihat buku K.H. Hasyim Asy'ari. Ulama Besar Indonesia,hal 55).

Beliau adalah salah seorang Ulama pembangun Partai Nahdlatul 'Ulama,dan wafat pada tahun 1367 H. tanggal 7 Ramadhan jam 21.00.**

89. H. Mustafa Husein (wafat 1370).

Syeikh Mustafa Husein Purba Mandahiling Sumatera, lahir di Tano Bato,yaitu sebuah desa di Tapanuli Selatan,Sumatera,lahir disitu dan belajar dengan ulama-ulama Indonesia yang masyhur di Mekkah ketika itu, yaitu Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau(Mufti Syafi'i), Syeikh Mukhtar 'Atharid asal Bogor Jawa Barat, Syeikh Abdul Qadir Mandahiling asal dari Tapanuli.

Ketiga guru ini adalah ulama-ulama besar dalam Madzhab Syafi'i yang mukim di Mekkah,bahkan salah seorang di antaranya adalah Mufti Syafi'i merangkap Imam dan Khatib di Mesjid Haram,yaitu Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau

Setelah 11 tahun di Mekkah,maka pada tahun 1324 H.kembali pulang ke Indonesia ke kampung halaman beliau di Tano Bato Tapanuli Selatan (Sumatera).

Beliau mendirikan semacam pesantren di Tano Bato di mana banyak murid-murid belajar ilmu agama Islam kepada beliau.

Pesantren beliau di Tano Bato pada suatu kali dihancurkan banjir,sehingga beliau memindahkan pesantrenya ke Purba Baru Tapanuli Selatan juga.

Banyak sekali murid-murid beliau yang kemudian menjadi ulama dan kemudian ternyata bertebaran mengajar ilmu agama,bukan saja di daerah Tapanuli tetapi sampai ke seluruh daerah di Sumatera. Madrasah Musthafawiyah Purba Baru pimpinan beliau ini mengajarkan ilmu fiqih Syafi'i dari segala macam tingkat.

Tingkatan rendah(Ibtidaiyah) memakai kitab-kitab fiqih Syafi'i,yaitu Fathul Qarib karangan Ulama Syafi'yah yang terkenal,Syeikh Bajuri Syarah Fathul Qarib.

Pada tingkat menengah(Tsanawiyah) diajarkan kitab-kitab fiqih Syafi'i,yaitu kitab Syarqawi al at Tahrir karangan Syeikh Syarqawi (wafat 1227 H)yang mensyarah kitab ''Tahrir'' karangan Imam Zakriya al Anshari.(wafat 926 H).

Syeikh Mustafa Husein Purba adalah seorang Ulama Syafi'yah dalam abad ke 14 di Indonesia.**

90. Syeikh Abdul Wahid (wafat 1950 M.-1369 H)

Syeikh Abdul Wahid as Shalihy,lahir di Padang Jepang Suliki,Payakumbuh,Sumatera Barat. Beliau adalah putera dari seorang Ulama Besar dalam Madzhab Syafi'i pula,yaitu Syeikh Muhammad Saleh Padang Kandis.

Di samping berguru kepada ayah beliau juga pernah mengambil ilmu dari Syeikh Imran Limbukan Payakumbuh, Syeikh Muhammad Thaib Umar Sungayanng, Syeikh As'ad Mungka dll.
Pada tahun 1906 M.beliau mendirikan pesantren di Tabek Gadang Suliki,yaitu halaqah pengajian agama untuk mengajarkan ilmu-ilmu fiqih dalam Madzhab Syafi'i dan pada tahun 1928 M.pesantren beliau ditukar dengan madrasah yang diberi nama Madrasah Tarbiyah Islamiyah.

Beliau adalah salah seorang Ulama besar pembangun gerakan Persatuan Tarbiyah Islamiyah bersama-sama dengan kawan-kawan beliau Syeikh Sulaiman ar Rasuli, Syeikh Mhd.Jamil Jaho, Syeikh Abbas Qadhi dan lain-lain.
Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tabek Gadang sudah banyak juga mengeluarkan ulama Syafi'i seperti K.H.Syarqawi Abdul Wahid (anak kandung beliau),yang meneruskan pimpinan Madrasah Tarbiyah Islamiyah sampai sa'at ini di Tabek Gadang; K.H. Mukhtar Tuanku Lakung,Lampasi, K.Mhd.Ruslan,Limbuka,dan lain-lain yang semuanya memimpin Madrasah Tarbiyah Islamiyah.

Banyak usaha beliau untuk memajukan pendidikan Islam khususnya yang bertalian dengan fiqih Syafi'i yang beliau anut.

Di antara kitab-kitab Syafi'i yang diajarkan dalam Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tabek Gadang terdapat Fathul Qarib,I'anatut Thalibin,Mahalli dan lain-lain kitab fiqih Syafi'iyah.

Beliau meninggal tahun 1950 M.bersamaan dengan 1369 H.dan bermakam di Tabek Gadang Suliki,Payakumbuh,Sumatera Barat.**

91. Syeikh Abbas Qadhi (wafat 21 Sya'ban 1370 H).

Nama lengkap beliau Muhammad 'Abbas bin Abdul Wahab bin Abdul Hakim. Lahir di Ladang Lawas Bukittinggi daerah Sumatera Barat. Beliau adalah Ulama Syafi'yah yang terkenal gigih dalam menegakkan faham Syafi'iyah dan I'tiqad Ahlussunnah wal Jama'ah. Beliau terkenal ''tiga bersaudara'' yang kukuh di Minangkabau dalam membentang famah Syafi'i yaitu bersama-sama Syeikh Sulaiman Ar Rasuli,Syeikh Mhd.Jamil Jaho.

Beliau salah seorang di antara Ulama yang membangun dan mendirikan organisasi Persatuan Tarbiyah Islamiyah yang berdasar Madzhab Syafi'i.

Beliau boleh digolongkan kepada Ulama yang terdahulu mendirikan sekolah agama di Minangkabau,pengganti pesantren yang sudah ada sejak dahulu.
Pada tahun 1918 M.,yaitu sudah lk. 54 tahun yang lalu beliau sudah mendirikan sekolah agama yang pakai bangku dan papan tulis di Ladang Lawas dengan nama ''Arabiah School''.

Pada tahun 1923-1924 M.mendirikan sebuah sekolah agama di Aur Tanjungkang Bukittinggi dengan nama ''Islamiyah School''.

Cita-cita beliau untuk menganti pesantren dengan sekolah-sekolah agama yang pakai bangku meja dan papan tulis,disepakati oleh Syeikh Sulaiman ar Rasuli pada tahun 1928 M.,sehingga berdirilah madrasah-madrasah yang bernama Madrasah Tarbiyah Islamiyah.

Dalam balaqah-balaqah beliau,selalu diajarkan kitab fiqih Syafi'i,seperti Matan Taqrih,Fathul Qarib,Matan Zubad,I'anatut Thalibin,Mahalli,Qaliyubi dan lain-lain.
Pada masa muda beliau belajar agama kepada:
1. Syeikh Biaro,IV Angkat,Bukittinggi.

2. Syeikh Arsyad,Batuhampar,Payakumbuh.

3. Syeikh Tuanku Tuah,Limbukan-Payakumbuh.

4. Syeikh Muhammad Sa'ad,Mungka-Payakumbuh.

5. Syeikh Ahmad Khatib Minangkabau,Mufti Syafi'i di Mekkah.
Dan guru-guru lainnya.

Di antara murid beliau terdapat nama-nama:
1. Syeikh Ahmad Wahab.(A. Khatib) guru ummat Islam Thailad,Siam.

2. Syeikh Abdul Malik,Gobah Ladang Lawas.

3. Syeikh Ibrahim Musa Parabek.

4. Tuanku Nuruddin Kota Kecil Payakumbuh.

5. K.H. Sultha'in Abdullah Bayur Maninjau.

6. K.H. Sirajuddin Abbas,pengarang buku ini dan anak kandung beliau sendiri.
Dan lain-lain.

Beliau wafat di rumah kediaman sendiri di Aur Tajungkang,bermakam di kampung beliau di Ladang Lawas Bukittinggi.**

92. Syeikh Muda Waly (wafat 1380 H).

Syeikh Haji Muda Waly bin Syeikh H. Muhammad Salim,as Syafi'i al Khalidi. Beliau lahir di Labuhan Haji,Aceh Selatan,pada sekitar tahun 1907 M.dan wafat 28 Maret 1961,bersamaan dengan 10 Sya'ban 1380 H.

Pada waktu remaja belajar agama kepada:
1. Syeikh H.M. Salim Aceh Selatan,ayah beliau sendiri.

2. Syeikh M. Idris Aceh Selatan.

3. Syeikh M. Ali Lampisang,Aceh Besar.

4. Syeikh Mahmud Blang pidi.

5. Syeikh H. Hasan Krueng Kale,Aceh Besar.

6. Syeikh Hasbullah Indrapuri,Aceh Besar.

7. Syeikh Abdul Gani al Khalidi Batu Basurek,Bakinang Sumbar.
Dan lain-lain Ulama Besar.
Beliau naik haji ke Mekkah dan setibanya kembali di Indonesia lantas mendirikan Madrasah Tarbiyah Islamiyah di Labuhan Haji. Tidak lama kemudian mengembangkan perguruannya dengan mendirikan Dayah(pesantren) di Blang Proh Labuhan Haji,Aceh Barat,yang luas kompleknya 1 Km persegi,dengan nama ''Darussalam fil Manbail ilmi wal Hikam'' . Bahagian yang tertinggi dari madrasah beliau di beri nama ''Bustanul Muhaqiqiin''(Kebun orang-orang yang memperdalam ilmu-ilmu pengetahuan).

Beliau adalah seorang yang sangat kukuh dan kuat menyebarkan,mempertahankan agama atas dasar Madzhab Syafi'i Rhl.dan juga menyebarkan faham Ahlussunnah wal Jama'ah dalam i'tiqad. Bukan beratus,tetapi beribu-ribu murid beliau yang diasuh dan dididik dalam Ibadat Islamiyah menurut dasar Madzhab Syafi'i,Tasauf menurut dasar Thariqad Naqsyabandi al Khalidi. Acap kali beliau menuliskan namanya dengan Tuanku Muda Wali as Syafi'i,al Asy'ari,al Khalidi(Syeikh Muda Wali penganut Madzhab Syafi'i dan faham Ahlussunnah wal Jama'ah dengan Tasauf Thariqat al Khalidi an Naqsyabandi).
Sesudah beliau wafat pada tahun 1380 (1961 M.) maka perguruan beliau dipimpin anak beliau Muhibuddin Wali,Jamaluddin Wali dan H. Imam Syamsuddin Blang Proh.

Murid-murid beliau yang telah menjadi kader-kader Islam Syafi'yah yang sekarang menjadi guru-guru agama di pelosok-pelosok Aceh sudah banyak sekali,di antaranya:
1. Tgk. Syeikh Adnan Mahmud,Bakongan Aceh.

2. Tgk. Syeikh Qamaruddin,Taunom Aceh Barat.

3. Tgk. Syeikh Usman al Fauzi. Cot Iri Aceh Besar.

4. Tuanku Idrus Batu Basurek,Bakinang.

5. Tuanku Labai Sati,Malalo Padang Panjang,Sumbar.

6. Tgk. Mohd. Daud Zamzamy,Aceh Besar.
7. Tgk. Syeikh Abdul Aziz Saleh,Samalangan Aceh Utara.

8. Tgk. Syeikh Mohd. Isa,Peudada Aceh Utara.

9. Tgk. Mohd. Amin,Blang Blahdeh Aceh Utara.

10. Tgk. Syeikh Syahbuddin Syah,Keumala,Aceh Utara.

11. Tgk. Syeikh Jamaluddin Teupin Puiti Lok Sukon.

12. Tgk. Syeikh Ahmad,Blang Nibong Aceh Utara.

13. Tgk. Syeikh Nawawi Harahap,Tapanuli.

14. Tgk. Jafar Shiddik. Kota Cane.

15. Tgk. Amir Umar Panton Labu,Aceh Utara.
16. Tgk. Abbas,Pareumbeu Aceh Barat.

17. Tgk. Syeikh Mohd. Daud,Gayo Aceh Pidi.

18. Tgk. Syeikh Ahmad,Lam Lawi Aceh Pidie.

19. Tgk. Abu Bakar Sabil,Alu Tampak Aceh Barat(Meulaboh).

20. Tgk. Abdullah,Tanoeh Mirah Bireun.
Dan lain-lain banyak lagi.

Pendeknya dapat dikatakan bahwa Tgk. Syeikh Muda Wali adalah seorang Ulama Syafi'iyah yang besar,yang membentuk banyak ulama-ulama Syafi'iyah yang siap sedia selalu menegakkan faham Madzhab Syafi'i di Aceh dan di seluruh Indonesia.

Pada masa hidup beliau,Tgk. Muda Wali menggabungkan diri dengan Partai Islam Perti bersama-sama Tgk. H. Hasan Krueng Kalee.**

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar