ULAMA-ULAMA BESAR MADZHAB SYAFI'I DARI ABAD KE ABAD * (Bag. 3)

Bookmark and Share
50. Al Kayahirasi (wafat 504 H).

Nama lengkap beliau adalah Imam Abu Hasan 'Ali bin Muhammad al Kayahirasi. Beliau adalah seorang ulama besar Syafi'iyah yang berkecimpung dalam soal tafsir al Qur'an.

Barangsiapa yang melihat karyanya,yaitu sebuah tafsir Qur'an yang menerangkan hukum-hukum yang ada dalam al Qur'an nisyaca meyakini yang kami terangkan di atas.

Sayang kitabnya itu belum tercetak,tetapi tersimpa baik dalam Darul Kutub al Mashriyah di Kairo di bawah no 144(tafsir). Beliau wafat tahun 504.terdahulu setahun dari Imam Ghazali.**

51. ** Al Ghazali**(wafat 505 H).

Nama lengkap Al Ghazali adalah Zainuddin Hujatul Islam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Ibnu Muhammad al Ghazali. Beliau dilahirkan di kota Thos,di Khurasan,10 mil dari Nisahur Persia pada tahun 450 H.

Beliau belajar fiqih pada ulama Fiqih Syafi'i yang besar,Imamul Haraini Abul Ma'ali Al Juwaini (wafat 478 H) di negeri Nisabur Persia.

Imam Ghazali juga ikut mengajar pada sekolah Tinggi Syafi'iyah An Mizhamiyah di Bagdad tahun 484 H.

Imam Ghazali seorang 'alim besar. Majelis pengajiannya diberi nama oleh orang dengan julukan ''Majelis 300 sorban besar''. Beliau selain ahli fiqih juga ahli tasauf yang tak ada tandingannya ketika itu. Kitabnya dalam tasauf ialah Kitab Ihya Ulumuddin yang terkenal dan sekarang dipakai oleh seluruh ulama dalam dunia Islam.Dalam fiqih Syafi'i beliau mengarang kitab-kitab Al Wasith,Al Basith dan Al Wajiz yang sampai sekarang terpakai pada sekolah-sekolah Syafi'iyah.

Imam Ghazali mengarang 47 buah kitab dari pelbagai ilmu pengatahuan,bukan saja ilmu fiqih tetapi juga ilmu usul fiqih,ilmu tasauf,ilmu filsafat,ilmu al Qur'an,dan lain-lain.

Hal ini harus diketahui oleh orang-orang yang anti Madzhab Syafi'i yaitu pengikut-pengikut madzhab Ibnu Taimiyah,Muhammad Abduh dan Rasyid Redha cs.

Imam Ghazali yang begitu luas dan dalam ilmunya,toh masih mau mengikut Imam Syafi'i,apalagi kita ini yang ilmunya boleh dikatakan tidak seberapa kalau dibanding dengan ilmu Imam Ghazali.
Karangan-karangan kitab Imam Ghazali di antaranya adalah:

1. Ihya Ulumuddin.

2. Tahafutul Falasifah.

3. Al Iqthisad fil I'tiqad.

4. Al Munqidz Minad Dhalal.

5. Jawahiril Qur'an.

6. Mizanul 'Amal.

7. Al Maqshadul Asna fi Ma'an asamil Husna.

8. Faisahlut Thariqah bainal Islam waz Zindiqah.

9. Al Qisthasul Mustaqim.

10. Al Mustazhari.

11. Hujatul Haq.

12. Mufshilul Khilaf.
13. Kimiyaus Sa'adah.

14. Kitabul Basith.

15. Al Wasith.

16. Al Wajiz.

17. Khulasatul Mukhtasar.

18. Yaqutut Ta'wil fi Tafsirit Tanzil(40 jilid)

19. Al Mushtashfa.

20. Al Mankhul.

21. Al Muntahal fi Ilmil Jidal.

22. Mi'yarul Ulum.

23. Al Maqashid.

24. Al Madhanun.

25. Misykatul Anwar.
26. Mahkun Nadhar.

27. Tilbisu Iblis.

28. Nashihatul Muluk.

29. Ad Durarul Fakhirah.

30. Anisul Wahdah.

31. Al Qurbah Ilallah.

32. Akhlaqul Abraar.

33. Bidayatul Hidayah.

34. Al Arba'in fi Usuluddin.

35. Adz Zari'yah.

36. Al Mabaadi wal Khayaat.

37. Talbisu Iblis.

38. Nashihatul Muluk.
39. Syifa'ul 'Alim.

40. Iljamul 'Awam.

41. Al Intishar.

42. Al 'Ulumuddiniyah.

43. Ar Risalatul Qudsiyah.

44. Itsbatun Nadhar.

45. Al Ma'khadl.

46. Al Qaulul Jamiil.

47. Al Amaali.

Imam Ghazali telah meninggalkan nama dan jasa yang sangat berharga bagi ummat Islam seluruhnya.**

52. Al Bagawi (wafat 510 H)

Abu Muhammad Hasan bin Mas'ud al Bagawi adalah seorang ulama besar dalam Madzhab Syafi'i. Beliau selain ahli fiqih juga ahli tafsir.

Di antara karya beliau:

1. Masabihussannah (Hadits).

2. Ma'alimut Tanzil (Tafsir).**

53. Syahrastani (wafat 548 H).

Nama lengkap beliau Muhammad bin Abdilkariim,Abul Fatah,as Syahrastani. Lahir di desa Syahrastan tahun 479 H. dan wafat tahun 548 H.dalam usia 70 tahun.

Beliau adalah seorang ulama besar dalam Madzhab Syafi'i dan juga ulama terbesar dari kaum Ahlussunnah wal Jama'ah.

Belajar fiqih kepada Syeikh Ahmad al Khawafi,teman Imam Ghazali,dan Qadhi di Thus(Persia).

Dalam ilmu usuluddin beliau berguru kepada Syeikh Abdul Qasim al Anshari,seorang ulama usuluddin terbesar ketika itu,dan tentang ilmu hadits beliau belajar kepada Abul Hasan al Madaaini.Dari mulai muda remaja Syahrastani belajar ilmu pindah dari satu negeri ke negeri yang lain dalam mengejar ilmu pengetahuan. Pada ketika usia beliau 30 tahun ia naik haji ke Mekkah,kemudian ia datang ke Bagdad dan mengajar di sekolah Tinggi ''Nizhamiyah'',sebuah Universitas tertua di Bagdad.

Ketika menjadi dosen pada perguruan tinggi ini banyak sekali mahasiswa yang belajar kepada beliau dan kemudian menjadi ulama-ulama besar pula,seumpama Imam Baihaqi,Imam Abu Manshur,Imam Abdul Hasan bin Hamaweh,dan banyak lagi. Perlu diketahui bahwa Imam Baihaqi adalah seorang ahli hadits yang menganut madzhab Syafi'i juga.

Syahrastani mencapai puncak ilmu pengetahuan yang sangat tinggi maka karena itu beliau diberi julukan ''Imamul afdhal''(Imam yang paling baik).
Yaqut,seorang ahli tarikh mengatakan bahwa Syahrastani adalah seorang ahli dalam bermacam-macam ilmu dan mempunyai karangan yang banyak.

Diantara karangannya yang banyak,terdapat 17 buah kitab yang besar dan terpenting,seperti:

1. Al Milal wan Nihal,sebuah kitab yang menerangkan perbandingan-perbandingan faham yang berbeda-beda dalam kalangan Islam seumpama faham Syi'ah,Mu'tazilah,Khawarij,dan Ahlussunnah wal Jama'ah. Juga kitab ini berisi kupasan tentang faham bermacam-macam sekte dalam Kristen,dalam Yahudi,dalam Budha. Juga dikupas di dalamnya faham Plato,Aristoteles dan filsuf-filsuf yang lain.
2. Kitab Irsyad ila Aqaidil 'Ibad,yaitu tentang I'tiqad.

3. Syubahat Irusthathalis dan Ibnu Sina.

4. Nihayatul Aqdam fi Ilmi Kalam,tentang tauhid.
Dan lain-lain.

Dengan adanya Imam Syahrastani ini terhapuslah tuduhan-tuduhan orang mengatakan bahwa Ulama-ulama dalam Madzhab Syafi'i adalah ulama-ulama yang taqlid buta saja,tidak tahu Qur'an dan Hadits,dan lain-lain tuduhan bohong dan palsu.**

ABAD-VII Hijriyah.

Ulama-ulama Besar Madzhab Syafi'i yang wafat dalam abad ke VII,di antaranya adalah sebagai berikut.
54. Ar Razi (wafat 606 H).

Nama lengkap beliau adalah Abdillah Muhammad bin Umar bin Husein ar Razi.

Beliau adalah seorang ulama besar pada abad ke VI yang menganut Madzhab Syafi'i dan juga pahlawan dalam golongan kaum Ahlussunnah wal Jama'ah.

Beliau mengarang tentang Manaqib dalam sebuah kitab khusus yang bernama ''Manaqib Imam Syafi'i''.

Di samping itu beliau mengarang kitab fiqih ''Al Mashul'' dan banyak kitab Mukhtasar yang dikarang oleh beliau.

Di antara karangan beliau juga ada kitab Tafsir yang berjudul ''Tafsir Mafatihul Gaib''.

Inilah ulama besar ilmu Tafsir yang gigih mempertahankan Madzhab Syafi'i dan I'tiqad Ahlussunnah wal Jama'ah dari Asy'ari.**

55. Ibnul Atsir (wafat 606 H).

Nama lengkap beliau adalah Mubarak bin Muhammad bin Abdul Karim bin Abdulwahid as Syaibani. Beliau hanya dimasyhurkan dengan ''Ibnul Atsir''.(Pembaca jangan keliru,beliau ini bukan ''Ibnul Atsir'' ahli tarekh yang terkenal,tetapi beliau ini ''Ibnul Atsir'',ahli hadits dan penganut Madzhab Syafi'i).

Beliau lahir tahun 544 H.di Jazirah dekat Mousul di Iraq.

Beliau seorang ulama Syafi'iyah yang besar. Karyanya yang besar yang sekarang juga bertebar di Indonesia adalah kitabnya ''An Nihayah fi Garibil Hadits wal Atsar'',yaitu suatu kitab besar 7 jilid,di mana diterangkan secukupnya sekalian hadits yang sulit artinya. Kitab ini sangat berfaedah bagi ahli-ahli hadits karena daripadanya dapat difahamkan dengan mudah sekalian hadits yang sulit yang disusun secara alfabetis.Di antara karangan beliau terdapat:

1. Jamiul Ushul fi Ahaditsir Rasul (Syarah Hadits).

2. As Syafi'i,Syarah Masnad Syafi'i.

3. Al Mukhtar fi Manaqibil Akhyar.

4. Al Badi'i(Nahwu).

5. Al Insaf (Tafsir).
Dan lain-lain.

Beliau wafat di Jazirah tahun 606 H.seratus tahun kemudian dari Ghazali.**

56. Ar Rafi'i (wafat 623 H).

Abdul Qasim Abdul Karim ar Rafi'i,demikian nama lengkap beliau.

Gelarang Ar Rafi'i diambil dari nenek beliau Ar Rafi'i bin Khudej sahabat Nabi Muhammad Saw. Beliau meninggal pada tahun 623 H.

Beliau dikabarkan seorang yang bertuah. Buktinya walaupun beliau tidak memakai lampu di malam hari,namun dapat juga mengarang karena pelepah kurma bercahaya menggantikan lampu.

Ar Rafi'i mendapat kedudukan yang tinggi dalam Madzhab Syafi'i karena beliau berpangkat ''Mujtahid Madzhab'',sama derajatnya dengan Imam Nawawi.**

57. An Nawawi (wafat 676 H).

Muhyidin Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an Nawawi,dilahirkan tahun 630 H.di Nawi sebuah negeri dekat Damaskus(Syiria). Beliau adalah ulama besar Madzhab Syafi'i yang terkenal dalam abad ke VII.di Syiria dan sekitarnya.

Di Indonesia nama beliau juga terkenal karena kitabnya ''Minhajut Thalibin'',yaitu suatu kitab yang pertama-tama masuk ke Indonesia di antara kitab-kitab agama Islam lainya. Kitab itu dipakai dan dipelajari hampir di seluruh madrasah,surau,pesantren di Indonesia sedari abad ke VII itu.

Kitabnya Minhajut Thalibin itu telah pernah disalin ke dalam bahasa Perancis oleh L.W.C.van de Berg,dengan nama ''Minhajut Thalibin,Manuel de Jurisprudence musulmane selon le ritide Chri'il'',3 jilid,dicetak di Jakarta tahun 1882-1884 M. Kitab Minhaj ini mendapat perhatian besar di kalangan Ulama Syafi'iyah sendiri,sehingga banyak sekali yang mensyarah/menjelaskan dan menguraikan lebih luas.
Di antara syarah Kitab Minhaj ini adalah:

1. Tohfah,dikarang oleh Ibnu Hajar al Haitami. Kitab ini dipelajari tamat oleh Pahlawan Diponegoro.

2. Nihayah,dikarang oleh Ibnu Syihabuddin ar Ramli. (10 jilid).

3. Mugni al Muhtaj,dikarang oleh Muhammad as Syarbaini al Khatib. (4.jilid besar).

4. Al Mahalli,karangan Syeikh Jalaluddin al Mahalli.(4 jilid besar).

Selain kitab Minhajut Thalibin,Imam Nawawi mengarang pula kitab-kitab dalam ilmu Hadits,tasauf,tafsir dan lain-lain yang terpakai dalam sekolah agama di Indonesia,seperti kitab-kitab:

1. Syarah Shahih Muslim.

2. Riyadhus Shalihin.

3. Adzkaar.

4. Matan al Arba'in.

5. Al Irsyaad fi Ulumil Hadits.

6. At Taqrib.

7. Al Mubhimaat.

8. Al Tahrirul al-Fazh.

9. Al 'Umdah.

10. Al Idhah.

11. Al Manasik.

12. At Tibyan fi adabi hamlatil Qur'an.

13. Al Fatawi.

14. Ar Raudhah.

15. Al Majmu' Syarah Muhadzab.
Dan lain-lain.

Kata orang,kalau dihitung karangannya dibanding umurnya,maka terdapat setiap hari beliau mengarang 4 helai,yaitu 8 halaman penuh.

Beliau mendapat kedudukan yang tinggi dalam Madzhab Syafi'i yaitu menjadi ''Mujtahid Madzhab''.**

58. Izzuddin bin Abdissalam(wafat 606 H).

Nama lengkap beliau 'Izzuddin Abdul 'Aziz bin Abdissalam bin Abil Qasim. Kadang-kadang nama beliau dipendekkan saja dengan 'Izz bin Abdissalam.

Lahir di Damaskus tahun 577 H.

Sejak mudanya beliau belajar fiqih Syafi'i kepada Syeikh Ibnu 'Asakir,Syeikh Syaifuddin al Ahmad dan lain-lain.

Beliau menjadi seorang ulama besar pada ketika itu,sehingga diberi gelar julukan ''Sulthan Ulama''.

Beliau tinggal di Damaskus menjadi guru,mengarang kitab-kitab agama,bertabligh,berfatwa dan kadang-kadang menjadi Qadhi.

Beliau adalah seorang ulama yang tidak segan-segannya mengatakan yang hak kepada raja-raja yang berkuasa. Ia mengecam sekeras-kerasnya sikap Sulthan Damaskus Shalih Ismail al Ayubi karena Sulthan main mata dengan kaum Salib. Maka ia ditangkap dan dipenjarakan.
Kemudian beliau pindah ke Kairo dan diangkat oleh penguasa di Kairo menjadi Qadhil Qudhat(Kepala seluruh Qadhi).

Tetapi kemudian ia berhenti dari jabatannya itu karena berselisih faham dengan Waziruddalah Ya'isyuddin Hasan.

Beliau tinggal bertekun mengajar fiqih Syafi'i pada Madrasah Shahiliyah,di samping mengarang dan berfatwa.

Orang banyaj melihat bahwa derajat beliau sudah sampai ke derajat Imam Mujtahid,tetapi beliau mengatakan belum bisa terpikul soal itu karena beratnya. Beliau tetap menganut Madzhab Syafi'i dan mempertahankan sekuat-kuatnya. Beliau adalah pejuang melawan serbuan Tartar ke Mesir di bawah komando Raja Quthuz,sehingga Ummat Islam mendapat kemenangan pada perjuangan di Sungai Jalut melawan laskar Tartar.
Di antara murid beliau yang kemudian menjadi ulama besar pula adalah Syeikh Taqiyuddin Ibnu Daqiqul 'Id,dan murid inilah yang memberikan gelar ''Sulthan Ulama'' kepada beliau.

Beliau banyak mengarang kitab-kitab besar dalam ilmu fiqih,tafsir,hadits,tauhid,tashauf dan lain-lain. Ada 30 buah kitab agama karangan beliau.

Karangan-karangannya yang besar adalah:

1. Qawa' idul Ahkam fi Mashalihil Anaam,yang dinamakan juga dengan ''Al Qawaidul Kubra''.

2. Madzazul Qur'an.

3. Fatawi al Mashriyah.

4. Al Fawaid fi Musykilil Qur'an,yaitu sebuah kitab yang sangat berharga menerangkan soal-soal yang musykil dalam ayat-ayat al Qur'an.(Kitab ini tersimpan dalam Kutub Khanah pengarang buku ini,cetakan Kuweit).
Dan lain-lain.

Beliau wafat dan bermakam di Kairo tahun 660 H. Dalam usia 83 tahun dengan perjuangan,penuh dengan berfatwa,mengarang,berpidato dan menjadi Qadhi.

Inilah *bintang Ulama Syafi'i dalam abad ke VII H.*

ABAD Ke-VIII H.

Ulama-ulama besar Madzhab Syafi'i yang wafat dalam abad ke VIII H.diantaranya adalah sebagai berikut:
59. Taqiyuddin Ibnu Daqiqil 'Id (wafat 702 H).

Abul Fatah Taqiyuddin Ibnu Daqiqil 'Id adalah seorang ulama Syafi'iyah yang besar dalam abad ke VII H.

Beliau dilahirkan di atas kapal ketika ibu-bapaknya pergi ke Mekkah pada tahun 615 H.dari negeri Qush.

Banyaj orang mengatakan bahwa Ibnu Daqiqil 'Id ini adalah ulama Mujaddid tahun 700.

Beliau belajar fiqih kepada gurunya Syeikh Izzuddin bin Abdussalam,seorang Ulama Syafi'yah yang terkenal juga.**

60. Zamlukani (wafat 727).

Kamaluddin Muhammad bin Abdul Wahid az Zamkulani adalah seorang ulama Syafi'i yang terkenal pada abad ke VIII H. Beliau mengarang kitab ''Al Burhan fi Fijazil Qur'an'',suatu kitab yang penting yang memperkatakan tentang mujizat al Qur'an suci.**

61. Taqiyuddin as Subki (wafat 756 H).

Nama lengkap beliau, 'Ali bin Abdul Kafi,Abulhasan Taqiyuddin as Subki,lahir di desa Subki Mesir pada tahun 683 H.

Beliau adalah seorang Ulama besar Syafi'iyah di Mesir ketika itu yang mahir dalam ilmu tafsir. Qadhi Qudhah,mahir ilmu usuluddin,fiqih,nahwu dan sharaf,ahli bahasa,mempunyai kesanggupan untuk berdebat dan munazarah menegakkan kebenaran Ilahi.

Karangan beliau ada 20 buah kitab besar,diantaranya:

1. Takmilah Syarah Muhadzab,yaitu untuk mencukupkan yang kurang dalam Syarah Muhadzab karangan Imam Nawawi. Al Majmu' syarah al Muhadzab itu adalah karangan Taqiyuddin Subki dari kitab ar Ruhn(jilid ke 10) sampai tamat. (Jilid terakhir dari kitab al Majmu' ini yang pada pengarang hanya sampai jilid ke 12,furu' Nakhtimu bihi bi'aunillahi wataisirihi).

2. Syarah Kitabul Minhaj karangan Imam Nawawi.

3. Tafsir ad Durun Nazhim fi tafsiril Qur'anil 'Azhim.

4. Kitab penolak faham Ibnu Taimiyah dalam soal Thalaq dan Ziarah.
5. At Tahbiril Muhazab fi Tahrifil Madzhab,syarah kitab Minhaj.

6. Al Ibtihaj fi Syahril Minhaj.

7. Raful Hajib 'an Mukhtasar Ibnul Hajib.

9. Nurul Mashabih fi Shalatit Tarawih.
Dan lain-lain.

Hal ini diterangkan sejelas-jelasnya oleh anak beliau Syeikh Tajuddin Subki dalam kitabnya ''Tabaqatus Syafi'iyah'' pada jilid ke 6 dari halaman 146 sampai halaman 227.

Beliau wafat dan bermakam di Mesir pada tahun 756 H.**

62. Tajuddin Subki (wafat 771 H).

Nama lengkap beliau adalah Tajuddin Abdul Wahab Ibnu Tajuddin as Subki.

Beliau adalah seorang Ulama Syafi'iyah yang besar,mengikuti jejak ayahnya Syeikh Taqiyuddin as Subki.

Beliau ini banyak meninggalkan karya berupa karangan-karangan yang bermutu,diantaranya:

1. Tabaqatus Syafi'iyah al Kubra,yang isinya menerangkan Ulama-ulama Syafi'iyah sampai abad ke VIII H.

2. Jamul jawani'. (Usul fiqih).

3. Tausyihut Tash-hih, (usul fiqih).

4. Mu'idun Ni'am wa Mubidun Niqam.

6. Thabaqatus Shugra.

7. Al Asybah wan Nahhair.

Beliau wafat pada tahun 771 H.**

63. Ibnu Katsir (wafat 774 H).

Nama lengkap beliau adalah Imadidin Abu Fida' Ismail bin Katsir,yang termasyhur dengan ''Ibnu Katsir'' saja.

Beliau adalah seorang ahli tafsir,pengarang kitab tafsir yang terkenal dengan nama ''Tafsir Ibnu Katsir''.

Di dalam fiqih beliau adalah seorang ulama yang mengamalkan dan mempertahankan Madzhab Imam Syafi'i Rahimahullah.**

64. Imam Badruddin Muhammad bin Abdullah az Zarkasyi (wafat 794 H).

Beliau adalah seorang ulama Syafi'i yang terkenal di Mesir pada abad ke VIII H.yang dilahirkan di Kairo tahun 745 H. Kairo ketika itu penuh dengan Ulama-ulama dan Sarjana Islam yang pintar.

Di antara guru beliau terdapat Syeik Sirajuddin al Bulqini,Mufti Mesir yang terkenal dalam lingkungan Ulama-ulama Syafi'iyah yang terkenal besar.

Zarkasyi pada waktu remajanya belajar fiqih-fiqih Syafi'iyah,sehingga beliau menghafal kitab Minhaj karangan Imam Nawawi di luar kepala dan karena itu beliau kadang-kadang diberi gelar julukan dengan ''Minhaj''.

Di antara guru beliau terdapat Syeikh Jamaluddin al Asnawi,seorang Ulama Syafi'iyah yang terkenal di Mesir.

Imam Zarkasyi banyak mengarang kitab-kitab agama sampai sebanyak 32 buah nuskhah,diantaranya terdiri dari kitab-kitab besar berjilid dan kitab-kitab kecil.

Di antara karangan beliau yang tersiar di Indonesia adalah 'Al Burhan fi Ulumul Qur'an'',terdiri dari 4 jilid besar,cetakan Isa al Babil Halaby di Kairo.

Yang bertalian dengan fiqih Syafi'i,beliau telah mengarang:

1. Fathul ''Aziz al kitabil Wajiz'' membahas hadits-hadits dalam Syarah al Kabil,karangan Imam Rafi'i.

2. Takmilah,syarah kitab Minhaj.

3. Khadimur Rafi'i war Raudhah,14 jilid besar.

4. Khabayas Zawaya fil furu'.

5. Al Dibaj fi Tauhihil Minhaj.

6. Az Zahabul Ibriz.

7. Syarah kitab Tanbih,karangan Abu Ishaq as Syirazi.
8. Syarah al Wajiz,karangan Imam Ghazali.

9. Fatwa az Zarkasy.

10. Al Qawa'id fil furu'.

11. Majmu'atuz Zarkasyi.

12. Al Mu'tabar fi Takhriji al Haditsil Minhaj wal Mukhtasar.
Dan lain-lain.

Imam Badruddin Zarkasyi ini adalah *bintang Ulama Syafi'i dalam abad ke VIII,sehingga dengan karangan-karangan beliau Madzhab Syafi'i berkembang dari zaman ke zaman. Beliau wafat tahun 794 dalam usia 49 tahun.**

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar