Tips Bagi Yang Susah Qiyamullail (Ala Kadarnya)

Bookmark and Share
Murtakibudz Dzunub - Mungkin semua akan sepakat, kalau bangun dimalam hari untuk qiyamullail itu amatlah berat dan susah. Karena qiyamullail hanyalah kebiasaan orang-orang shalih (Baca: Membangkitkan Semangat Qiyamullail) , jadi maklum saja kalau kita (yang belum shalih masih susah untuk melakukannya).

Sebelum berangkat tidur kadang kita benar-benar sudah berniat "malam ini ane ingin bangun malam untuk qiyamullail", hingga terkadang semua alarm pun sudah di setting terlebih dahulu. Tapi pada kenyataannya "yaach... gagal lagi deh ane".

Dari pengalaman yang ada (seperti yang sudah dituturkan diatas), hingga merasa kecewa sama diri sendiri (karena masih belum mampu juga untuk qiyamullail) ahirnya timbullah dalam pikiran untuk ber-eksperimen sendiri yakni mencari obat penawar rasa kantuk saat terjaga pada malam hari.

Tips yang pertama, setel alarm, jangan hanya satu. (Biar rada rame yang ngebangunin kita)

Tips yang kedua, persiapkan air putih, letakkan ditempat yang mudah untuk dijangkau oleh tangan, kemudian minum meski kita masih dalam keadaan kantuk yang hebat.

Tips yang ke tiga, saat tidur jangan memakai selimut yang terlalu nyaman. Karena itu akan membuat kita makin susah untuk bangun. (terlalu ke enakan kali ya... :D)

Tips yang ke empat, persiapkan juga makanan atau buah yang rasanya masam (kecut-istilah jawanya). Kemudian cicipi sedikit aja. Insya Allah rasa kantuk sedikit-demi sedikit bisa hilang. (pengalaman pribadi)

Tips yang ke lima, bagi yang sedang latihan (qiyamullail) jangan tidur melebihi jam 12, (ini juga berdasarkan pengalaman pribadi)

Tips yang ke enam, ber-eksperimelah sendiri kalau cara-cara diatas masih nggak mempan juga. Karena pada dasarnya kita sendiri yang tahu akan kelemahan diri, maka kita juga yang bisa untuk memperbaikinya.

Tips yang ke tujuh, kalau masih sering gagal jangan pernah patah semangat kalau kita gagal melaksanakan. Karena bagaimanapun juga, saat kita sudah niat untuk bangun malam meski gagal, Allah sudah mencatatnya sebagai ibadah.

Tips yang ke delapan, minta tolonglah pada Allah, agar diberikan kenikmatan ibadah di waktu malam. Karena saat itu adalah saat dimana Allah meng-ijabah setiap do'a yang dipanjatkan mahlukNya.


NB: Tips diatas hanya boleh dipraktekin, bagi yang bener-bener serius ingin nglakuin qiyamullai. Bagi yang masih setengah hati, sebaiknya jangan dicoba ya.. (entar malah berabe.. ^_^ )

Selamat mencoba dan semoga manfaat.... :D

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar